BIMTEK KELOMPOK KERJA RELAWAN PEMUKTAHIRAN DATA INDEK DESA MEMBANGUN ( IDM ) BERBASIS SDGS TAHUN 2021

Selasa, 11 Mei 2021

Bertempat di GOR Amartha Desa Patas, Pemerintah Desa Patas mengadakan Bimbingan Teknis bersama Kelompok Kerja Relawan Pemuktahiran Data Indek Desa Membangun ( IDM ) Berbasis SDGs Tahun 2021Desa Patas.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita dibuka langsung oleh Perbekel Patas I Kadek Sara adnyana, S.Pd. Lebih lanjut Perbekel kemudian menyambut Kelompok Kerja Relawan Pemuktahiran Data Indek Desa Membangun ( IDM ) Berbasis SDGs Tahun 2021 yang hadir dan tetap mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung, selanjutnya Perbekel juga berharap agar semua POKJA tetap bersemangat dalam melaksakan tugasnya nanti dan menghasilkan data yang benar benar akurat untuk pembangunan desa kedepan.

Camat Gerokgak yang diwakili oleh Kasi pemerintahan I Putu Partha menyampaikan agar pendataan yg dilaksanakan benar benar objektif tanpa adanya tekanan dari pihak manpun di masyarakat.

Dalam bimbingan teknis tersebut kemudian dipandu oleh Pendamping desa, yang memaparkan tata cara pendataan di masyarakat dan penginputan pada aplikasi pendataan SDGs.

Tujuan dan Sasaran SDGs Desa Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. 16.Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

BIMTEK yang berakhir pukul 12.30 WITA ini berlangsung dengan lancar dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Sumber: http://patas-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/158-BIMTEK-KELOMPOK-KERJA-RELAWAN-PEMUKTAHIRAN-DATA-INDEK-DESA-MEMBANGUN—IDM—BERBASIS-SDGS-TAHUN-202