Desa Padasuka Cikajang Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pendataan SDGs Desa

HARAIANGARUTNEWS.COM – SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Tujuan dan sasaran SDGs Desa, Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Di Desa Padasuka, Kecamatan Cikajang, pemerintah desa setempat gelar sosialisasi bimbingan teknis (bimtek) pemutahiran data Desa berbasis SDGs, dengan menghadirkan para Kader, Ketua RT dan RW, pada Kamis (29/04/2021).

“Alhamdulilah kami barusan membuka acara bimbingan teknis tentang pemutahiran data yang berbasis dengan SDGs, yang mana itu salah satu amanat dari pada pemerintah pusat,” ujar Kepala Desa Padasuka, Ajang Suherman didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Cecep Anton.

Lanjut kata Kades Ajang, pihaknya memberdayakan 70 orang terdiri dari para kader, RT dan RW yang mencakup 36 RT, untuk bisa mensosialisasikan pendatan hal tersebut di masyarakat. Hal ini, sambung Kades, bertujuan agar pendataan berkesinambungan, bisa menjadi ukuran atau barometer tingkat pertumbuhan di bidang IPM.

“Ini momentum yang sangat baik di wilayah Desa padasuka khususnya para kelembagaan terutama RT, RW yang notabene baru,” pungkasnya.

Sumber: https://hariangarutnews.com/2021/04/30/desa-padasuka-cikajang-gelar-sosialisasi-dan-bimtek-pendataan-sdgs-desa/