Pelatihan Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Ciseureuheun Up Tahun 2021

Pandeglang, CNC MEDIA.- Aparatur Desa Ciseureuheun mengadakan Sosialisasi dan pembekalan pokja SDGs tahun anggaran 2021 Desa Ciseureuheun.

Up Sosialisasi dan pembekalan pokja SDGs tahun anggaran 2021 ini diadakan di balai Desa Ciseureuheun yang dihadiri oleh Tim pokja relawan serta dihadiri juga oleh aparatur penting dari kecamatan selaku pendamping lokal Desa Ciseureuheun dan Bapak Rois selaku Pendamping Desa Kecamatan Cigeulis.

Dalam Sosialisasi dan pembekalan pokja SDGs tahun anggaran 2021 ini yaitu dari pendamping Lokal Desa Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Povinsi Banten, Sabtu (8/5/2021).

ROIS selaku pendamping desa (PD) Menyampaikan Pembahasan Materi Pembekalan & Sosialisasi SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelterbatasan Desa agar ekonomi tumbuh merata, juga Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs.

SDGs Desa merupakan roli pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu: Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif,” papar ROIS.

Endi selaku Sekretaris Desa menjelaskan pelatihan-pokja-relawan- dalam pendataan-sdgs-desa ci seureuheun 08 April tahun-2021 dihadiri beberapa perangkat desa dari RT RwW BPD Dan relawan.

“Kami siap pakai di lapangan baik secara tehknologi dan cara lainnya dalam pendataan agar benar akurat data demi kemajuan daerah desa Ciseureuhen jangka panjang kedepan di Kecamatan Cigeulis,” jelasnya.

Sumber: https://cilangkahannewschannel.com/pelatihan-pokja-relawan-pendataan-sdgs-desa-ciseureuheun-up-tahun-2021/