Pemdes Jontor Laksanakan Bimtek Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs

STRATEGINEWS.co, Subulussalam – SDGs Desa adalah sistem terpadu mewujudkan Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa Inggrisnya Sustainable Development Goals disingkat SDGs

Untuk menyukseskan Program Kemendes tersebut Pemerintah Desa Jontor telah melakukan Mudes Pembentukan Relawan Pendataan SDGs Desa yang merupakan Tahapan dari Program tersebut.

Dan sebagai langkah awal dalam Pendataan Indek Desa Maju (IDM) Berbasis SDGs desa, Pemerintah Desa Jontor Kec.Penanggalan Kota Subulussalam mengadakan Bimtek/Pembekalan pelaksanaan pendataan keluarga.

Bimtek yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 April 2021 tersebut dihadiri oleh Kades selaku Pembina,Ketua Tim Pendataan SDGs Andi Pantau , Sekertaris Syahputra Cibro, 14 Petugas Pendata dan Pendamping Desa sebagai narasumber.

Acara dilaksanakan di ruang rapat desa dari pukul 10.00 s/d 16.00 WIB. tersebut, diikuti oleh petugas pendata dengan sangat antusias. Petugas diajarkan cara memasukkan quisioner melalui hard copy maupun aplikasi handphone.

Petugas Pendata SDGs Desa Jontor sebanyak 14 orang siap melaksanakan tugas pendataan dengan penuh tanggung jawab, untuk mendata warga desa Jontor sebanyak kurang lebih 1.100 jiwa dari 220KK,ujar Andi Pantau.

Masih menurutnya,direncanakan pada 14 Mei 2021 pendataan SDGs telah dapat diselesaikan secara keseluruhan. Bimtek dilaksanakan dengan tetap mengikuti Protokoler Kesehatan.

Semoga pendataan IDM berbasis SDGs tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan.

Acara Bimtek ditutup pada pukul 16.00 Wib oleh Ketua Tim Pendataan SDGs Desa Jontor.

Kepala Desa Jontor Asri mengatakan, anggaran bimtek tersebut bersumber dari dana desa tahun 2021 dengan melibatkan unsur tenaga pendamping profesional diantaranya pendamping lokal desa serta unsur pemerintahan desa dan berbagai unsur kelembagaan desa lainnya. Selain itu, desa diminta untuk membentuk relawan desa terkait pemutakhiran data desa berbasis aplikasi.

Sumber: https://strateginews.co/2021/05/03/pemdes-jontor-laksanakan-bimtek-pemutakhiran-data-idm-berbasis-sdgs/