Pemdes Tambang Baru Gelar Pendataan Berbasis SDGs Desa Tahun 2021

Merangin, Kongkrit.com — Setelah Sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan kepada Tim Pembekalan Kelompok Kerja (Pokja) Sustainable Development Goals (SDGs) Pemerintah Desa (Pemdes) Tambang Baru Kecamatan Tabir Lintas Kabupaten Merangin melepaskan Tim Relawan Pendataan SDGs Desa untuk mendata pada rumah-rumah guna untuk mensosialisasikan serta pendataan pada setiap Kepala keluarga.

Sebagaimana yang di bunyikan pada Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2021, Permendes Nomor 13 Tahun 2021 dan Permendes Nomor 21 Tahun 2021 dengan berbasis Program Baru dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah yang tertinggal.

Kegiatan digelar pada Rabu (5/5/21) sekira pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Kantor Desa Tambang Baru, dihadiri oleh Kepala Desa Tambang Baru Akupon Harahap, Pendamping Lokal Desa Jumini, S.Pd, Babinkamtibmas, Babinsa, dan seluruh Anggota Tim Relawan Pendataan SDGs Desa sebanyak 24 peserta selanjutnya Tim menyambangi pada setiap rumah sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mengutamakan memakai masker, menjaga jarak untuk menekan angka penyebaran penularan virus Covid-19.

Adapun Tim Relawan Pendataan melaksanakan pendataan berbasis SDGs Desa pada wilayah kerja Desa Tambang Baru.

SDGs Desa merupakan upaya pembangunan guna mewujudkan desa Tanpa Kemiskinan kelaparan, Ekonomi merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa Ramah dengan Perempuan, Desa Berjejaring, Desa tanggap untuk percepatan pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Selain itu program berjalan sesuai dengan penerapan yang telah direncanakan sebelumnya, dan akan berdampak positif bagi masyarakat.

Pendataan SDGs Desa ini penting dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) salah satunya Desa Tambang Baru melalui Tim Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah dibentuk di tingkat Desa.

Kepala Desa Tambang Baru Akupon Harahap mengatakan, dirinya berharap pendataan ini menghasilkan data sesuai dengan kondisi dilapangan Fakta sehingga nantinya program dapat menunjang pembangunan desa dan pemberdayaan sesuai dengan pendataan SDGs Desa.

“Mari kita wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan, Ekonomi merata, Tanpa Kelaparan, Desa Sejahtera, Pendidikan Berkualitas,” demikian kata Akupon.

Sumber: https://kongkrit.com/pemdes-tambang-baru-gelar-pendataan-berbasis-sdgs-desa-tahun-2021/