Pendamping Desa di Sikka Kesulitan Jaringan Internet

MAUMERE – Lima desa di Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Musa Tenggara Timur, yakni Desa Napu Gera, Kowi, Parabubu, Wolo dan Gera, masih belum bisa dijangkau sinyal telepon genggam.

“Kami sebagai pendamping desa yang bertugas di wilayah tersebut sangat kesulitan ketika bekerja menggunakan internet,” kata Ancis Kawayu, Pendamping Desa Napu Gera, saat ditemui Cendana News, Jumat (7/5/2021).

Ancis menyebutkan, saat ini pihaknya bersama perangkat desa sedang melaksanakan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) desa tahun 2021, dan pendataannya melalui sistem online.

Ia mengatakan, ketika semua data yang ditulis secara manual hendak di-input ke dalam sistem, maka pihaknya pun kesulitan sehingga harus menggunakan sepeda motor mencari wilayah yang memiliki jaringan internet.

“Saya bersama perangkat desa harus menggunakan sepeda motor dan berjalan mencari sinyal ke desa-desa yang lain yang ada jaringan sinyal telepon selular,” ujarnya.

Ancis mengatakan, jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (Bakti) hanya puskesmas di ibukota kecamatan saja, sementara desa-desa sendiri belum memiliki jaringan internet.

Sumber: https://www.cendananews.com/2021/05/pendamping-desa-di-sikka-kesulitan-jaringan-internet.html