Pendataan SDGS Desa di Sumber Garunggung Sudah 85 Persen, Ampah II Selesai

TAMIANG LAYANG – Tim relawan pendata pilihan pemerintah desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur (Bartim) sudah melakukan pendataan IDM Berbasis SDGS (Sustainable Development Goals) didesa setempat.

“Tim kami ada sebanyak 6 orang. Alhamdulillah mereka sudah mendata sekitar 85 persen penduduk,” ucap Supardi selaku Kades setempat, Jumat 7 Mei 2021. Supardi menjelaskan, maksud pendataan SDGS desa ialah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Adapun Tujuannya, jelas Supardi, untuk menyusun Pokja relawan pendataan desa, memutakhirkan data pada level desa, rukun tetangga,keluarga serta pada level warga, menganalisi data sesuai kaidah sdgs, merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGS desa.

“Yang nantinya akan mewujudkan desa tanpa kemiskinan,tanpa kelaparan,sehat sejahtera, pendidikan berkualitas dan yang lainnya,” jelas Supardi. Dia mengungkapkan, jumlah kepala keluarga di desanya sekitar 450. Sedangkan jumlah jiwa terbagi atau tersebar di 6 rukun tetangga atau RT.

Adapun anggaran untuk kegiatan tersebut, Supardi mengungkapkan bahwa pihaknya menganggarkan melalui dana desa sebesar Rp 35 juta. Menurut Kades anggaran tersebut diperuntukan untuk biaya upah para tim mendata, biaya makan minum dan transportasi serta lainya.

“Saya sangat mendukung program sdgs desa ini, semoga saja dengan adanya pendataan ini, desa kami bisa bertambah pagu anggaranya dan menjadi desa yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ampah II M.Kusairi mengatakan bahwa tim yang bergerak untuk melakukan pendataan didesanya sudah selesai mendata. “Alhamdulillah tim desa kami sudah selesai mendata dan hasilnya sudah kami input,” pungkasnya.

Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/barito-timur/2021/05/07/pendataan-sdgs-desa-di-sumber-garunggung-sudah-85-persen-ampah-ii-selesai